IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH

 


 

Hari Jumat ini, Fatir dan teman-teman sekelasnya akan belajar tentang iman kepada kitab-kitab Allah swt. Fatir dan teman-teman sudah siap duduk rapi di kelas menunggu Pak Salman datang. Ketika Pak Salman datang mereka pun langsung mulai belajar. 


"Sudah tahukah kalian kitab apa saja yang telah diturunkan Allah swt kepada para Rasul-Nya?" Tanya Pak Salman kepada para murid. Murid-murid pun menjawab, "Sudah, Pak 


"Bagus, sekarang siapa yang tahu nama-nama kitab tersebut?" Tanya Pak Salman kepada anak-anak.
"Al-Qur'an, Zabur, Taurat, dan Injil Jawab salah satu anak, bernama Fatir. 


"Betul sekali Fatir". Jawab Pak Salman. Allah swt. menurunkan kitab-kitab tersebut kepada para Rasul-Nya untuk disampaikan dan diajarkan kepada manusia. Kitab- kitab tersebut berisi ajaran agama yang akan menuntun manusia menuju jalan yang benar.


Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah belajar tentang iman kepada kitab-kitab Allah? Jika belum, ayo kita pélajari bersama dalam materi yang akan dibahas dalam bab ini.

A. Iman kepada Kitab-Kitab Allah

Iman kepada kitab-kitab Allah swt. merupakan rukun iman ketiga. Pastinya kamu sudah tahu apa saja rukun iman tersebut. Nah, sekarang tahukah kamu apa itu iman kepada kitab-kitab Allah swt.? Iman kepada kitab-kitab Allah swt. artinya meyakini dan percaya adanya kitab-kitab Allah swt. yang diturunkan kepada para rasul. Iman kepada kitab-kitab Allah swt. dapat diartikan juga sebagai keyakinan bahwa apa yang ada di dalam kitab-kitab Allah swt. semua adalah firman Allah swt., bukan buatan ataupun perkataan nabi dan rasul.


Kitab-kitab Allah swt. diturunkan melalui perantara Malaikat Jibril. Tentunya kamu masih ingat tugas Malaikat Jibril kan? Lalu tahukah kamu tujuan dan hikmah diturunkannya kitab-kitab Allah swt.? Tujuan diturunkan kitab-kitab Allah adalah sebagai pedoman hidup manusia agar selamat di dunia dan di akhirat. Orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah akan selamat dari kesesatan dan siksa api neraka. Orang-orang yang percaya dan mengamalkan isi kitab-kitab Allah swt. akan masuk ke dalam surga. 


Biasakanlah untuk membaca kitab suci Al-Qur'an setiap hari. Sebagai wujud keimanan kita kepada kitab-kitab Allah swt. Selanjutnya mari kita mengenal lebih dekat lagi kitab-kitab Allah swt

B. Nama Kitab-Kitab Allah dan Rasul Penerimanya

Kitab berasal dar bahasa Arab, artinya sesuatu yang ditulis. Kitab diartikan sebagai perintah dan ketentuan yang tertulis. Adapun semua perintah dan ketentuan yang telah Allah swt. berikan kepada para nabi dan rasul merupakan wahyu Allah swt, setiap wahyu Allah swt. yang diturunkan kemudian dituliskan ke dalam mushaf-mushaf dan kitab kitab. Jadi, yang dimaksud dengan Kitabullah adalah segala ketentuan dan perintah Allah swt, yang tertulis dalam kitab atau mushaf. Allah swt. menurunkan wahyu dalam banyak bentuk mushaf kepada para Rasul-Nya namun yang diturunkan dalam bentuk kitab hanya empat.

 
Berikut adalah nama empat kitab beserta rasul penerimanya:
1. Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud a.s.
2  Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa as.
3. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa a.s.
4. Kitab Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. 


Lalu bagaimana dengan mushaf-mushaf Allah swt.? Kepada siapakah mushaf-mushaf itu diturunkan? Mushaf-mushaf yang berisi wahyu Allah swt. pun diberikan kepada beberapa rasul selain yang empat tadi, salah satunya diberikan kepada Nabi Ibrahim a.s. yang dikenal dengan nama mushaf Ibrahim.

C. Meyakini AL-Qur'an sebagai Kitab Terakhir

Salah satu kitab-kitab Allah swt. yang wajib kita yakini dan percayai sebagai muslim adalah Al Qur'an. Al-Qur'an merupakan kitab suci Allah terakhir yang diturunkan kepada baginda Nabi Muhammad saw. sekaligus sebagai bentuk mukjizat terbesar beliau sebagai seorang rasul. 


Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam, dan yang dimaksud dengan Al-Qur'an adalah semua firman Allah swt. yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. melalui perantara malaikat Jibril, dan mendapat pahala bagi siapapun yang membacanya. Jadi, sudah jelas bahwa Al-Qur'an itu bukan perkataan Nabi Muhammad saw. apalagi buatan Nabi Muhammad saw.

Al-Qur'an diturunkan sebagai penyempurna ajaran dan kitab-kitab nabi terdahulu. Al-Qur'an berlaku bagi semua umat sepanjang zaman. Bahkan, berita akan adanya nabi terakhir yang membawa Al-Qur'an juga tercatat dalam kitab Injil, kitab yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s.
Allah swt. berfirman dalam surah Al-Ma'idah ayat 48 sebagai berikut. 


وَأَنزَلۡنَآ إِلَيۡكَ ٱلۡكِتَٰبَ بِٱلۡحَقِّ مُصَدِّقٗا لِّمَا بَيۡنَ يَدَيۡهِ مِنَ ٱلۡكِتَٰبِ وَمُهَيۡمِنًا عَلَيۡهِۖ فَٱحۡكُم بَيۡنَهُم بِمَآ أَنزَلَ ٱللَّهُۖ وَلَا تَتَّبِعۡ أَهۡوَآءَهُمۡ عَمَّا جَآءَكَ مِنَ ٱلۡحَقِّۚ ....


Wa anzalnā ilaikal kitāba bil haqqi muşaddiqal limā baina yadaihi minal kitābi wa muhaiminan 'alaihi fahkum bainahum bimā anzalallahu wa lā tattabi ahwa'ahum 'ammā ja'aka minal haqq.... 


Artinya: 'Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu.... (Q.S. Al-Ma'idah/5: 48)
 

Sebagaimana dijelaskan dalam ayat tersebut, Al-Qur'an diturunkan membawa kebenaran. Oleh karena itu, Allah memerintahkan kita untuk menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup. Al-Qur'an memuat banyak sekali pedoman hidup, seperti tauhid, taharah (bersuci), mu'amalah, dan sebagainya. Dengan menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup sehari- hari, kita akan selamat di dunia dan di akhirat. Kehidupan yang kita jalani akan terasa tenteram, damai, dan penuh dengan keberkahan.

Al-Qur'an diturunkan dengan tiga tahapan. Pertama, Allah swt. menurunkan Al-Qur'an ke lauhul mahfūz. Kedua, Allah menurunkannya sekaligus dari lauhul mahfüz ke baitul 'izzah atau langit dunia. Ketiga, dari langit dunia diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. secara bertahap selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari. Sebagian surah dalam Al-Qur'an diturunkan sebelum Nabi Muhammad saw. hijrah dan tinggal di kota Makkah yang dinamakan surah Makkiyah. Lalu sebagian lagi diturunkan setelah Nabi hijrah ke Madinah, yang dikenal dengan surah Madaniyah.

Berikut ciri-ciri surah Makkiyah dan surah Madaniyah.

 
Ciri-ciri surah Makkiyah: 

 
1 Surahnya menjelaskan tentang tauhid dan keimanan
2 Diawali dengan kata "Yā ayyuhan nās “
3 Ayatnya pendek-pendek


 Ciri-ciri surah Madaniyah: 

 
1 Surahnya menjelaskan tentang ibadah dan hukum
2 Diawali dengan kata "Yā ayyuhal lažina āmanu”
3 Ayatnya panjang-panjang

Hikmah diturunkannya Al-Qur'an secara bertahap, yaitu sebagai berikut.
1.Untuk menetapkan jiwa Rasulullah saw. dan menguatkan hatinya.
2 Untuk mendidik masyarakat dan menyesuaikan hukum Islam secara bertahap.
3.Untuk menunjukkan bahwa Al-Qur'an itu Kalam Allah swt.
4.Untuk memudahkan nabi dan para sahabat menghafal, memahami, dan menjalankan perintah Allah swt.

D Mengetahui Isi Pokok Kitab Suci Al-Qur’an

Pada hakikatnya, semua kitab-kitab Allah swt. Mengajarkan tentang keesaan Allah. Semua kitab- kitab Allah merupakan pedoman hidup. Al-Qur’an adalah kitab terakhir, maka Al-Qur’an berlaku bagi semua umat sepanjang zaman. 


Al-Qur’an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Pada tanggal 17 Ramadhan melalui perantara malaikat Jibril, di Gua Hira. Sejak saat itu pula Nabi Muhammad saw. Menjadi rasul terakhir. Peristiwa turunnya AI-Qur’an ini diperingati oleh umat Islam sebagai hari Nuzülul Quran, yaitu pada setiap tanggal 17 Ramadhan. Ayat Al-Qur’an yang pertama kali turun adalah surah Al-‘Alaq ayat 1-5.

Ikhtitam Rasulullah saw, bersabda: sebaik-baiknya kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an den mengajar- kannya. (H.R. Bukhari)

Ayat terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, menurut pendapat Ibnu Abbas dan Abu Muhammad As-Suddi adalah surah Al-Ma’idah ayat 3, Ayat ini turun ketika beliau sedang wukuf pada saat Haji Wada’ tanggal 9 Zulhijah, tahun 10 Hijriah. 


Sebagai pedoman hidup manusia, Al-Qur’an mengandung banyak sekali isi pokok ajaran yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa isi pokok kandungan kitab suci Al-Qur’an.
1 Aqidah, yaitu keimanan, kepercayaan, dan keyakinan
2 Ibadah
4 Syari’ah, yaitu hukum dan aturan yang ditetapkan oleh Allah swt. untuk manusia
5 Kisah-kisah nabi dan umat terdahulu

Mutiara Hikmah

a. Al-Qur'an merupakan pedoman hidup umat Islam.
b. Di dalam Al-Qur'an menjelaskan tentang ketentuan aqidah, ibadah, syari'ah, mu'amalah, dan kisah nabi dan umat terdahulu.
c. Kita harus membaca, memahami, dan mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Intisari

1. Iman kepada kitab-kitab Allah swt, adalah meyakini adanya kitab- kitab Allah swt, yang diturunkan kepada para rasul. lman kepada kitab-kitab Allah diartikan juga sebagai keyakinan bahwa apa yang ada di dalam kitab-kitab Allah swt. semua adalah firman Allah swt., bukan buatan atau perkataan rasul.
 

2. Kata kitäb berasal dari bahasa Arab, yang artinya "sesuatu yang ditulis". Kitab diartikan sebagai perintah dan ketentuan yang tertulis Jadi, kitäbulläh adalah segala ketentuan dan perintah Allah swt yang tertulis. Kitab-kitab Allah swt. yang wajib kita yakini ada empat

  • Zabur, kitab yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s.
  • Taurat, kitab yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s.
  • Injil, kitab yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s.
  • Al-Qur'an, kitab yang diturunkan kepada Nabl Muhammad saw.


3. Quran adalah semua fiman Allah swt. Yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Melalui perantara malaikat Jibril, dan mendapat pahala bagi siapapun yang membacanya.
 

4 A-Qur’an merupakan kitab suci Allah swt yang paling lengkap dan sempuma. Al-Qur’an berfungsi menyempumakan kitab-kitab Allah swt. Sebelumnya.

Pengembangan Karakter

Hikmah diturunkannya Al-Qur’an secara bertahap itu adalah untuk menetapkan jiwa Rasulullah saw. Dan menguatkan hatinya, untuk mendidik masyarakat dan menyesuaikan hukum Islam secara bertahap, untuk menunjukkan bahwa Al-Qur’an itu Kalam Allah swt., dan untuk memudahkan Nabi Muhammad saw. Dan para sahabat menghafal, dan memahami A-Qur’an.

LATIHAN

A. Berilah tanda silang (x) pada salah satu jawaban yang benar. 


1. Beriman kepada kitab-kitab Allah swt. Merupakan rukun iman .... 

a. Kedua
b. Ketiga

c. Keempat
d. Kelima

2. Secara bahasa, kata Kitāb artinya adalah sesuatu yang....
a. Diukir
b. Ditulis

c. Digambar
d. Dikumpulkan

3. Kitab Allah swt. Yang wajib diketahui berjumlah...
a. Empat
b. Lima
c. Enam
d.Tujuh

4. Percaya dan meyakini bahwa kitab-kitab Allah swt bukanlah buatan atau perkataan para Rasul Allah swt merupakan arti dari iman kepada..
a. Allah swt.
b. kitab-kitab Allah swt.
c. para Rasul Allah swt.
d. gada dan qadar Allah swt.

5. Nabi yang menerima kitab Taurat adalah ...
a. Nabi Musa a.s.
b. Nabi Daud a.s.
c. Nabi Isa a.s.
d. Nabi Muhammad saw.

6. Ayat Al-Qur'an yang pertama kali turun adalah surah....
a. Al-'Alaq ayat 1-5
b. Al-Muddassir ayat 1-3
c. Al-Fatihah ayat 1-7
d. Al-Baqarah ayat 1-5

7. Malaikat yang menyampaikan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad saw. Adalah...
a. Malaíkat Raqib
b. Malaikat Jibril
c. Malaikat Mikail
d. Malaikat Ridwan

8. Al-Qur'an sebagai kitab suci umat Islam dikenal juga sebagai...Nabi Muhammad saw.
a. mukjizat
b. obat
c. senjata
d. empat sifat wajib

9. Berikut yang bukan merupakan isi pokok Al-Qur'an adalah ...
a. aqidah
b. syari'ah
c. mu'amalah
d. cerita pendek 


10. Kitab Injil diturunkan kepada...
a. Nabi Daud a.s.
b. Nabi Musa a.s.
c. Nabi Isa a.s.
d. Nabi Muhammad saw.


B. Isilah titik-titik berikut dengan jawaban benar. 

 
1. Rasul penerima kitab Allah swt. berjumlah ....
2. Rasul Allah swt. yang menerima kitab Zabur adalah ...
3. Lamanya Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, adalah..
4. Kata "Kitāb" berasal dari bahasa Arab, yang artinya ..
5. Seorang rasul atau nabi mustahil untuk menciptakan atau membuat Al-Qur'an, karena Al-Qur'an merupakan....
6. Al-Qur'an adalah semua firman Allah swt. yang tertulis yang diturunkan kepada...
7. Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi..
8. Salah satu ciri surah Makkiyah adala...
9. Salah satu ciri surah Madaniyah adalah...
10. Wahyu Allah swt. yang pertama kali diturunkan adalah surah... 



C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat. 

 
1. Apa yang dimaksud dengan iman kepada kitab-kitab Allah swt.?
2. Apa hikmah yang kita dapat dengan beriman kepada kitab-kitab Allah swt.?
3. Apa sajakah isi pokok kandungan Al-Qur'an? 

4. Mengapa kita harus menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup?
5. Jelaskan bagaimana Al-Qur'an diturunkan oleh Allah swt. kepada Nabi Muhammad saw!

Post a Comment

jangan lupa tinggalkan komentar

Previous Post Next Post