MATERI PAI DAN BP KELAS 2

Nabi Muhammad Teladan ku

Nabi Muhammad saw. teladan bagi seluruh umat manusia

Sikap Jujur Nabi Muhammad saw. 

Nabi Muhammad saw terkenal jujur dalam setiap perkataan dan perbuatannya. 
Dengan kejujurannya, beliau mendapat gelar al-Amin. 

Sejak kecil, Nabi Muhammad saw. memiliki sifat jujur. 
beliau dikenal sebagai pedagang yang jujur, juga sebagai pemimpin yang jujur. 

Nabi Muhammad saw. menyuruh kita selalu bersikap jujur. 
Jujur kepada Allah swt., kepada diri sendiri, kepada orang tua, guru, dan semua orang.   

 A. Kelahiran nabi Muhammad saw
Sebelum datangnya nabi Muhammad bangsa arab memiliki perilaku buruk. Kemudian Allah mengutus nabi Muhammad untuk memperbaiki perilaku bangsa arab tersebut. Nabi Muhammad lahir pada tahun gajah yaitu tahun penyerangan ka’bah oleh pasukan bergajah yang dipimpin oleh seorang raja bernama Abrahah.  
Ayah nabi Muhammad meninggal ketika ia masih dalam kandungan. Beliau diasuh oleh ibunya dan dibantu oleh Halimah sa’diyah. Nabi Muhammad lahir di Mekah pada hari senin tanggal 12 (dua belas) robiul awal tahun lima ratus tujuhpuluh satu masehi (571 Masehi). Nabi Muhammad berasal dari suku  quraisy bangsa arab. Nabi Muhammad adalah anak yang salih ibunya bernama aminah, ayahnya bernama abdullah.  Ibu nabi Muhammad meninggal dunia ketika beliau masih kecil. Setelah itu beliau diasuh oleh kakeknya yang bernama abdul muthalib.  
Ketika masih kecil beliau sudah menunjukan perilaku mulia seperti jujur, rajin, pemaaf, sopan dan penurut. Setelah kakeknya meninggal beliau diasuh oleh pamannya yang bernama abu tahalib. Selama tinggal bersama pamannya beliau rajin membantu pamannya belajar cara berdagang. Beliau mengambala kambing milik pamannya. Beliau juga dipercaya mengembala kambing penduduk Mekah. Ketika berumur dua belas tahun beliau membantu pamannya berdagang hingga ke luar Mekah yaitu syam. Beliau giat, tekun dan ulet bekerja, rajin belajar dan berdagang dengan jujur.  
Ketika menjual dagangan milik Siti Khadijah beliau selalu berlaku jujur. Beliau selalu adil dan amanah sehingga memperoleh untung yang besar. Setelah dewasa Nabi Muhammad menkah dengan Siti Khadijah. Pada usia empat puluh tahun beliau diangkat menjadi rasul.


B. Menceritakan keteladanan nabi Muhammad saw
Arif telah hafal kisah nabi Muhammad saw. Sejak kecil hingga dewasa nabi Muhammad selalu berperilaku mulia. Nabi Muhammad adalah anak yang sopan. Beliau juga anak yang penurut. nasihat ibu, kakek serta pamannya selalu didengarkan dan dipatuhinya. Beliau sabar dan giat belajar serta tekun dalam beribadah. Penyayang dan sopan ketika bergaul, terampil dalam bekerja, jujur dalam berkata dan berperilaku.

Umat islam dapat mengambil teladan dari sikap dan sifat nabi Muhammad. Mempraktikkan perilaku mulianya yang sesuai ajaran al-quran yang mulia. Nabi Muhmmad adalah teladan yang baik bagi seluruh umat manusia. Seperti matahari yang menerangi seluruh alam beserta isinya.
Nabi Muhammad adalah nabi terakhir. Menyempurnakan dan memperbaiki akhlak umat manusia supaya menjadi mulia.

C. Sikap pemaaf
Nabi Muhammad merupakan manusia mulia yang mempunyai sikap dan sifat terpuji yang patut dicontoh. salah satunya adalah pemaaf. Ketika berdakwah menyebarkan ajaran agama islam nabi Muhammad menerima banyak hinaan dan siksaan dari orang-orang kafir.

Nabi Muhammad pernah dilempari dengan batu hingga terluka dan berdarah. Nabi Muhammad tidak pernah merasa dendam dan membalas. Nabi Muhammad tetap memafkan mereka. Nabi Muuhammad mendoakan agar orang-orang itu menjadi sadar. Orang-orang kafir yang semula memusuhi nabi akhirnya menjadi sahabat nabi.

Kita harus berperilaku pemaaf. Memaafkan kesalahan saudara atau teman dan berjabat tangan berdamai dengat tulus hati

D. Sikap jujur
Sikap jujur merupakan penerapan sifat sidik nabi Muhammad saw. Sejak kecil nabi Muhammad sudah menunjukan perilaku jujur. Ketika tinggal dengan pamannya, nabi Muhammad pernah ikut berdagang sampai ke negeri syam. Ketika berdagang nabi Muhmmad selalu berperilaku jujur. Tidak pernah menipu atau bohong.
Berkat perilaku jujur ini, Nabi Muhammad mendapat gelar al-amin. Al-amin artinya orang yang terpercaya. Orang yang jujur tidak berkata bohong, tidak menipu dan berkhianat. Tirulah perilaku nabi Muhammad

4 Comments

jangan lupa tinggalkan komentar

Post a Comment

jangan lupa tinggalkan komentar

Previous Post Next Post