AYO MEMBAYAR ZAKAT



A. Memahami Makna zakat

Setiap bulan Ramadhan, Riri selalu mengajak Fadil adiknya untukmembayar zakat di masjid dekat rumahnya. “Fadil, yuk kita siap-siap pergi ke masjid membayar zakat fitrah!” ajak Riri kepada adiknya. Fadil masih senang bermain mobil-mobilan sehingga enggan menyahut. Kemudian, Riri menghampiri Fadil sambil berujar, “ Fadil, ayo dong, siap-siap ke masjid untuk membayar zakat fitrah!.

 

“Iya, Kakak, Fadil ingat, kan sekarang sudah akhir bulan Ramadhan.
” Riri dan Fadil memebawa 2,5 kg beras yang sudah dipersiapkan ibunya. Kedua kakak beradik yang masih duduk di sekolah dasar itu mohon izin kepada ibunya untuk ke masjid membayar zakat fitrah.”Bu, Riri dan Fadil berangkat ke masjid”. Ujar Riri kepada ibunya yang sedang menjahit.
“hati-hati di jalan yang nak” pesan ibunya kepada Riri dan Fadil.

 

Riri dan Fadil menuju masjid AL-Barkah untuk membayar zakat fitrah. Di tengah jalan, Fadil bertanya kepada kakaknya,”Kak, aku belum mengerti, zakat itu apa?”tanya Fadil yang masih duduk di kelas 3 kepada Riri yang sudah duduk di kelas 6 SD.
 

‘Kata bu Mila guru agama kita, menurut bahsa, zakat bermakna membersihkan. Menurut istilah, zakat berarti mengeluarkan sebagian dari harta tertentu yang wajib dikelurkan oleh umat islam untuk diberikan kepada orang yang brhak menerimanya.” Jawab Riri.
 

“Oh, begitu ya kak! Tapi, kenapa kita harus membayar zakat/” tanya Fadil lagi kepada Riri. “Kata bu Mila, setiap umat islam yang mampu wajib membayar zakat.”
 

“kok, kita sekarang membayar zakat fitrah? Kan kita belum mampu dari uang? “ kata Bu Mila, zakat fitrah itu untuk membersihkan diri dan jiwa kta. Lagi pula yang menanggung akat fitrah orang tua kita.”
 

“ On, begitu ya kak!” ucap Fadil. “Fadil ayo, masuk ke mesjid” ajak Riri kepada adiknya untuk ke mejid, sudah banyak ornag yang ingin membayar zakat fitrah kepada panitia zakat.


B. Macam-Macam Zakat

Membayar zakat adalah wajib bagi umat islam yang mampu. Tahukah kalian, kewajiban umat islam bukan hanya mengeluarkan zakat fitrah di bulan Ramadhan atau menjelang idul fitri, tetapi juga mengeluarkan zakat mal (zakat harta) jika telah mencapai batas jumlah tertentu dalam satu tahun (nisab)

 

1. Zakat Fitrah

a. Penegrtian zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah mengeluarkan beras atau bahan makanan pokok lainnya sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter tiap orang. Beras atau makanan pokok yang telah terkumpul tersebut akan dibagikan oleh amil zakat (petugas pengumpul zakat) kepada orang-orang yang tidak mampu. Biasanya pra amil zakat membagikan zakat fitrah menjelang Idul Fitri agar orang yang tidak mampu dapat bergembira bersama menikmati Hari Raya Idul Fitri.

Jadi, zakat sangat menolong orang yang tidak mampu (baik mereka yang meminta maupun yang tidak meminta). Kita juga ikut menggembirakan mereka untuk merayakan Idul Fitri bersama-sama.
Waktu membayar zakat fitrah boleh dilakukan mulai tanggal satu ramadhan samapai menjelang salat idul fitri.


b. orang yang wajib mengeluarkan fitrah, yaitu sebagai berikut:

1) beragama islam, laki-laki dan perempuan, sejak usia bayi, anak-anak, atau lanjut usia.
2) memiliki penghasilan yang uckup untuk kebutuhan sehari-hari. Zakat fitrah untuk anak-anak menjadi tanggungan orang tua mereka.
3) orang itu masih hidup sampai akhir ramadhan


2. Zakat Mal

a. Pengertian Zakat Mal

Zakat mal disebut juga zakat harta, yaitu mengeluarkan sebagian harta kekayaan yang dimilikinya apabila telah mencapai nisab. Pengertian nisab adalah lama waktu suatu harta menjadi milik seseorang dalam jumlah tertentu. Misalnya, jika seseorang muslim memiliki 85 gram emas selama satu tahun, zakat yang harus dikeluarkan 2,5% atau jika harga emas satu gram Rp.400.000,- nilai nisabnya adalah 85 gram X Rp. 400.000 =34.000.000 zakat yang harus dikeluarkan 2,5% dari Rp.34.000.000 = Rp.500.000,-


Zakat mal dimaksudkan untuk membersihkan harta yang dimiliki karena dalam harta itu ada hak fakir miskin.


b. Syarat Wajib Zakat Mal

Syarat wajib zakat aml seperti berikut.
1) pemilik harta adalah orang islam
2) pemilik harta telah balig dan berakal (tidak gila)
3) harta tersebut termasuk dari jenis-jenis harta yang wajib dizakati
4) harta tersebut telah mencpai satu tahun
5) harta tersebut milik sendiri

 

c. Jenis Harta yang Dizakati

jenis harta yang wajib diazakatkan seperti berikut
1) perhiasan emas dan perak yang disimpan
2) uang simpanan yang telah mencapai satu tahun
3) harta atau uang yang yang diperoleh dari usaha berdagang atau bekerja
4) hasil pertanian, misalnya padi dan palawija
5) binatang ternak, misalnya kambing, sapi kerbau.
6) barang temuan, misalnya perhiasan, uang logam yang terbuat dari emas atau guci yang tinggi nilainya.

 

C. Orang Yang Berhak Menerima Zakat

Orang yang berhak menerima zakat disebut mustahiq zakat. Allah swt telah menetapkan golongan orang yang berhak menerima zakat dalam firman-Nya Q.S at-taubah/9:60 berikut ini.


إِنَّمَا ٱلصَّدَقَٰتُ لِلۡفُقَرَآءِ وَٱلۡمَسَٰكِينِ وَٱلۡعَٰمِلِينَ عَلَيۡهَا وَٱلۡمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمۡ وَفِي ٱلرِّقَابِ وَٱلۡغَٰرِمِينَ وَفِي سَبِيلِ ٱللَّهِ وَٱبۡنِ ٱلسَّبِيلِۖ فَرِيضَةٗ مِّنَ ٱللَّهِۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٞ  ٦٠  

Artinya: Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.


 Anak-anak, untuk lebih memahami , marilah kita simak penjelasan delapan golongan orang yang berhak menerima zakat.


1. orang fakir, yaitu orang yang amat sengsara hidupnya, tidak mempunyai tenaga dan harta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. orang miskin, yaitu orang yang tidak cukup penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.

3. pengurus zakat (amil), yaitu orang yang diberi tugas untuk mengumpulkan dan membagikan zakat

4. mualaf, yaitu orang yang bukan islam (non islam) yang berkeinginan masuk islam, untuk masuk islam, dan orang yang baru masuk islam yang imannya masih lemah.

5. gharim (orang berutang), yaitu orang yang berutang karena untuk kepentingan yang bukan maksiat dan ia tidak sanggup membayarnya. Orang yang berutang untuk memelihara persatuan umat islam

6. orang yang berjuang pada jalan Allah (fisabilillah), yaitu orang yang berjuang untuk keperluan pertahanan islam di zaman Nabi Muhammad saw. Fisabilillah itu juga mencakup kepentingan-kepentingan umum , seperti mendirikan masjid, mushalah, sekolah/madrasah, rumah sakit dan sebagainya.

7. hamba sahaya, yaitu budak yang harus dimerdekakan

8. ibnu sabil, yaitu seorang anak yang sedang menuntut ilmu, namun kesulitan dalam pembiayaan.

E. Hikmah Berzakat

1. membersihkan harta dan jiwa pembayar zakat dari sifat kikir, tamak atau rakus
2. membantu orang yang kesusahan atau kesulitan dari segi ekonomi
3. mendorong manusia untuk berjiwa sosial dan peduli kepada sesama
4. mendorong manusia untuk bersikap jujur dan bertanggung jawab atas harta yang dimilikinya
5. mengingatkan manusia, bahwa harta dan kekayaan hanyalah titipan dari Allah swt

RANGKUMAN

1. menurut bahasa, zakat bermakna membersihkan. Menurut istilah, zakat berarti mengeluarakan sebagian dari harta tertentu yang telah mencapai nisab

2. zakat fitrah adalah mengeluarkan beras atau bahan makanan pokok lainnya sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter tiap orang yang diberikan kepada fakir miskin yang membutuhkan’

3. zakat mal disebut juga zakat harta, yang terdiri atas emas, perak, uang simpanan, hasil tambang, harta perniagaan, hasil pertanian, barang temuan, binatang ternak dan sebagainya.

4.syarat wajib zakat mal, yaitu: pemilik harta telah balig dan berakal (tidak gila), harta tersebut termasuk dari jenis-jenis harta yang wajib dizakati; harta tersebut telah telah mencapai nisab;harta tersebut milik sendiri.

5. golongan orang yang berhak menerima zakat: fakir, miskin, orang terlillit hutang, mualaf, amil zakat, orang yang berjuang di jalan Allah swt, hamba sahaya, ibnu sabil dan amil zakat

6. hikmah: membayar zakat dapat membersihkan harta dan jiwa, tidak tamak, dan menerapkan rasa kepedulian terhadap sesama manusia yang membutuhkan bantuan.


AYO BERLATIH

A. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan tepat! 

1. jelaskan makna zakat menurut bahasa dan zakat menurut istilah!

2. apa yang dimaksud dengan zakat fitrah?

3. mengapa umat islam perlu membayar zakat mal?

4. jelaskan jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya!

5. jelaskan golongan orang yang berhak menerima zakat!

B. lengkapilah pernyataan di bawah ini! 

Contoh: zakat hasil kelapa sawit digolongkan sebagai zakat mal

1. berzakat dengan menggunakan beras disebut ...

2. zakat fitrah dikeluarkan sebanyak... kg beras

3. ibadah zakat terdapat di dalam rukun..

4. zakat fitrah anak dibayar oleh..

5. hukum membayar zakat adalah...

6. zakat sapi digolongkan sebagai..

7. berzakat dengan menggunakan gandum disebut...

8. amil zakat bertugas...

9. mualaf adalah orang...

10. zakat fitrah dikeluarkan pada bulan...

11. dua jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya yaitu...



 

Post a Comment

jangan lupa tinggalkan komentar

Previous Post Next Post