Surat al-maun dan artinya
Surat Al-Ma'un, lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahannya:

1. اَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِۗ
a raaitalladzii yukadzdzibu biddiin
Artinya: Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

2. فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَۙ - ٢
fadzaalikalladzii yadu''ul yatiim
Artinya: maka itulah orang yang menghardik anak yatim


3. وَلَا يَحُضُّ عَلٰى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِۗ - ٣
wa laa yaḥuḍḍu 'alaa ṭa'aamil-miskiin
Artinya:
dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.

4. فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّيْنَۙ - ٤
fa wailul lil muṣalliin
Artinya: Maka celakalah orang yang salat,

5. الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَۙ - ٥
alladziina hum 'an ṣalaatihim saahụn
Artinya: (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap salatnya,

6. الَّذِيْنَ هُمْ يُرَاۤءُوْنَۙ - ٦
alladziina hum yuraaụn
Artinya: yang berbuat riya

7. وَيَمْنَعُوْنَ الْمَاعُوْنَ ࣖ - ٧
wa yamna'uụnal-maa'ụn
Artinya: dan enggan (memberikan) bantuan.
 
 
Surat Al-Ma’un
Al-Ma’un artinya barang-barang yang berguna. Penamaan surat Al-ma’un diambil dari ayat terakhir surat tersebut. Surat Al-Ma’un adalah surat ke-107 dan termasuk dalam juz ‘amma. Jumlah ayatnya ada tujuh. Surat Al-Ma’un ini termasuk dalam surat Makkiyah.

Isi kandungan surat Al-Ma’un
Dalam surat ini Allah menyebutkan ciri-ciri pendusta agama. Hal ini dimaksudkan agar orang mukmin dapat menjauhi sifat-sifat tercela yang disebut dalam surat ini. Ciri-ciri pendusta agama dalam surat ini, yaitu sebagai berikut:
      1.       Orang yang menghardik anak yatim. Maksudnya orang yang menganiaya atau menyakiti    hati anak yatim. Tidak bersikap penuh kasih sayang kepada mereka.
      2.       Orang yang tidak ikut membantu untuk memberi makan orang-orang miskin. Ayat ini memperingatkan dengan keras orang-orang yang hanya diam melihat keadaan orang-orang yang membutuhkan dan kelaparan di sekitarnya. Walaupun tidak menzalimi mereka secara fisik, tetapi bersikap cuek atau bersikap tidak peduli kepada mereka juga termasuk perbuatan pendusta agama.

Maka celakalah orang-orang yang demkian, walaupun mereka shalat. Mereka telah lalai atas shalatnya dan hanya mengaharap pujian orang dengan ibadahnya. Meraka tidak melakukan perbuatan nyata untuk membantu kaum lemah yang membutuhkan bantuan.

Tolong menolong
Tolong menolong dalam bahasa Arab berarti ta’awun. Ta’awun yaitu suatu usaha menolong orang lain yang memerlukan pertolongan untuk meringankan beban atau penderitaan mereka.
Tolong menolong merupakan kewajiban bagi manusia. Dengan tolong menolong kita dapat menjalin hubungan baik dengan semua orang, mempererat silaturahmi dan menciptakan lingkungan yang damai dan rukun.

Tolong menolong sangat dianjurkan dalam agama. Orang yang tidak memiliki sikap tolong menolong dikategorikan sebagai pendusta agama. Sebagaimana yang disebutkan dalam surat al-Ma’un ayat ke-7. Allah memerintahkan kita untuk tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan, serta melarang tolong menolong dalam maksiat dan dosa.
Tolong menolong bisa dicontohkan dalam perilaku sehari-hari, misalnya meminjamkan alat tulis kepada teman yang lupa membawa alat tulis. Membantu mengumpulkan sumbangan untuk korban bencana alam dan membantu orang tua menyebrang jalan adalah contoh lain dari sikap tolong menilong.
Tolog menolong banyak mendatangkan manfaat bagi kita, di antanya:
      1.      Menimbulkan rasa empati dan peduli dalam setiap pribadi masyarakat
      2.      Memebrikan rasa ketenangan dan bermanfaat bagi orag lain
      3.      Meringankan beban orang lain
      4.      Mempererat tali persaudaraan

Pengembangan Karakter
Keyakinan yang mantap kepada Allah akan mendorong untuk memiliki sikap pemurah dan rasa kasih sayang terhadap sesama. Iman akan selalu mendorong untuk bersikap ramah tamah dan menghormati sesama manusia tanpa membeda-bedakan suku, ras, status sosial, bahkan agama. Selain itu, iman juga mampu mendorong kita selalu ta’at

Intisari Surat Al-Ma'un
1. Surat Al-Ma'un adalah surat ke-107. jumlah ayatnya ada 7 (tujuh). SuratAl-ma'un turun di Mekah. Al-Ma'un artinya barang-barang yang berguna. Penamaan surat Al-Ma'un diambil dari ayat terakhir. 
2. Isi kndungan surat Al-Ma'un adalah peringatan kepada pendusta agama. 
3. Ciri-ciri pendusta agama adalah: menghardik anak yatim dan tidak membantu memberi makan orang miskin. Allahmengancam orang yang lalai dalam shalatnya, berbuat ria dan enggan memberi bantuan.

Post a Comment

jangan lupa tinggalkan komentar

Previous Post Next Post