RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SDN.....................
Mata Pelajaran       : Pendidikan Agama Islam& Budi Pekerti
Kelas / Semester    : V (Lima) / 1
Pembelajaran (1)   : Mari Belajar al-Qur’an Surat at-Tin
Alokasi Waktu       : 2 x 4 JP (2 x Pertemuan)
Tgl Pelaksanaan : …………………….

TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Membaca Q.S. at-Tin dengan tartil.
2. Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. at-Tin.
3. Menunjukkan hafalan Q.S. at-Tin.
4. Mengetahui makna Q.S. at-Tin dengan benar.
5. Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari   
    pemahaman Q.S. at-Tin.
6. Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. 
    at-Tin.
    Karakter siswa yang diharapkan   : Religius, Nasionalis , Mandiri, Gotong Royong, Integritas

KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Pendahuluan
1. Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2. Memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan  kegiatan
    pembelajaran.
3. Menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.                 
    Communication Menyampaikan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti
1. Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu menyampaikan secara singkat bagaimana cara membaca al-Qur’an yang baik dan benar. Communication
2. Guru melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara ersama. Integritas
3. Selanjutnya, secara bergiliran peserta didik melafalkan Q.S.at-Tin dengan benar.
4. Guru kembali memberikan contoh bacaan Q.S.at-Tin yang benar. Mandiri
5. Guru melafalkan dengan cara menghafal Q.S. at-Tin dengan suara jelas ayat satu s.d dua, diikuti seluruh peserta didik, sesekali meminta salah satupeserta didik untuk menghafalnya (lakukan sebanyak dua sampai tiga kali).
6. Guru menulis kalimat Basmalah dan beberapa penggalan ayat Q.S. at-Tin pada papan tulis atau melalui media lainnya. Kemudian memberikan garis pada tulisan tersebut untuk mengetahui posisi rangkaian masing-masing hurufnya. (Communication)
7. Pada saat yang bersamaan, peserta didik diminta untuk mencermati cara penulisannya. Mandiri
8. Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok diminta untuk membaca Q.S. at-Tin dan mencermati artinya. (dalam kegiatan ini, bila memungkinkan guru dapat juga menyajikan buah tin dan buah zaitμn di kelas (Collaboration)
9. Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan ersama mengapa surat ini dinamakan surat at-Tin. (Critical Thinking and Problem Solving)

Kegiatan Bersama Orang Tua
Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah ersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui Buku Pelajaran.

Kegiatan Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Melakukan penilaian hasil belajar
Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,                                                                                             Jakarta,.................
KepalaSekolah.............                                                                            Guru Mapel



PURWANTI, S.Pd                                                                                    AHMAD
NIP.                                                                                                           NIP.


Post a Comment

jangan lupa tinggalkan komentar

Previous Post Next Post