1.    menurut QS At-taubah [9]: 122, apabila terjadi peperangan, maka tidak semua umat islam wajib berperang, tetapi sebagian lagi wajib menuntut ilmu karena manuntut ilmu dianggap.... berperang di medan laga.
A.    lebih memiliki pamor dari pada
B.    lebih terhormat dibandingkan
C.   lebih mulia dibandingkan
D.   sama pentingnya dengan
E.    lebih penting dari pada

2.    contoh bacaan idgham bilagunnah dalam QS At-Taubah [9]: 122 adalah....
A.    كَآفَّةٗ فَلَو                    
B.    مِن كُلِّ
C.   فِرۡقَةٖ مِّنۡهُمۡ
D.   طَآئِفَةٞ لِّيَتَفَقَّهُواْ
E.    قَوۡمَهُمۡ إِذَا
3.    terjemahan kata 'kelompok' dalam QS At-taubah [9]: 122 adalah...
A.    لِّيَتَفَقَّهُواْ
B.    فِي ٱلدِّينِ
C.   قَوۡمَهُمۡ
D.   طَآئِفَةٞ
E.    كَآفَّةٗۚ
4.    maksud dari penggalan QS At-taubah [9]: 122  لِّيَتَفَقَّهُواْ فِي adalah perintah....
A.    menyantuni kaum duafa
B.    melakukan amar makruf
C.   agar mereka mendalami ilmu
D.   pergi ke medan perang
E.    memerangi kebodohan
5.    كَآفَّةٗۚ- وَمَا- ٱلۡمُؤۡمِنُونَ- لِيَنفِرُواْ-َ كَانَ
5             4    3     2     1
susunan kalimat yang benar dari penggalan QS At-Taubah [9]: 122 adalah
A.    1, 2, 4, 5, 3
B.    2, 4, 1, 5, 3
C.   2, 5, 3, 4, 1
D.   3, 2, 4, 5, 1
E.    4, 2, 1, 5, 3

6.    terjemahan dari ‘ala sairi kawakih adalah....
A.    pada malam purnama
B.    bagaikan keutamaan bulan
C.   terhadap seluruh bintang-bintang
D.   keutamaan orang berilmu
E.    dibanding ahli ibadah

7.    فَلَوۡلَا نَفَرَ ..... كُلِّ فِرۡقَةٖ مِّنۡهُمۡ طَآئِفَةٞ لِّيَتَفَقَّهُواْ فِي ٱلدِّينِ
kalimat di bawah ini yang sesuai untuk menyempurnakan hadits tersebut adalah...
A.    مِن                           . لَعَلَّهُمۡ.D
B.    فِي                             إِلَيۡ.E
C.   إِذَا
8.    orang yang ahli ibadah disebut…
A.    alim                       D. syahid
B.    abid                       E. firqah
C.   taifah

9.    orang yang meninggal dalam peperangan di jalan Allah disebut…
A.    alim                       D. ulama
B.    Syahid                   E. Anbiya       
C.   Tsifah

10.  perumpamaan ahli ilmu dengan ahli ibadah menurut hadits yang berasal dari Kasir bin Qais yang diriwayatkan  oleh Abu Daud adalah ibarat....
A.    bulan purnama yang bersinar diantara bintang-bintang
B.    bintang-bintang yang berbinar mengelilingi bulan
C.   bulan dan bintang yang bertaburan di langit
D.   tata surya yang menghiasa angkasa
E.    bulan yang mengalami purnama penuh

11.  وَمَا كَانَ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ لِيَنفِرُواْ كَآفَّةٗۚ
Terjemahan yang tepat untuk potongan ayat di atas adalah…
A.    Tidak sepatutnya bagi kaum mukminin pergi semuanya (ke medan perang)
B.    Tiap-tiap golongan diantara mereka memperdalam pengetahuan
C.   Mereka telah kembali kepadanya
D.   Supaya mereka menjaga diri sendiri
E.    Seharusnya kaum mukminin semuanya pergi ke medan perang

12.  para ulama adalah pewaris para nabi
kalimat yang sesuai untuk terjemahan  tersebut adalah...
A.    al-ulama’u warasatul anbiya
B.    innal ‘alima laa yastaghfirullah
C.   warratsul ilma faman akhodzahu
D.   innal anbiya lam yuwarrisu dinaran
E.    innal anbiya lam yuwarrisu dirhaman

13.  di bawah ini yang bukan merupakan sikap dan perilaku gemar menuntut ilmu adalah…
A.    memiliki motivasi
B.    semangat mengajarkan kembali pada orang lain
C.   mengamalkan seluruh ilmu yang sudah didapat
D.   hanya mempelajari ilmu agama saja
E.    menghindari sikap sombong dan bangga karena memiliki ilmu yang tinggi

14.  di bawah ini yang merupakan pengertian alim adalah…
A.    orang yang berilmu di bidang apa saja
B.    mendalami ilmu agama
C.   meninggal dalam keadaan syahid
D.   kelompok atau golongan
E.    ahli ibadah

15.  di bawah ini yang bukan merupakan pengertian firqah adalah..
A.    kelompok              D. sempalan
B.    golongan               E. aliran
C.   pengabdian

16.  Al-Qur'an sebagai pedoman bagi manusia mamuat ajaran-ajaran berikut, kecuali...
A.    akhlak                  C. kisah-kisah
B.    akidah                  D. tata cara ibadah
C.   syariah

17.  salah satu keistimewaan Al-Qur'an  adalah terjaga kemurniannya langsung dengan campur tangan Alllah, seperti termuat dalam ayat berikut, yaitu...
A.    إِنَّا نَحۡنُ نَزَّلۡنَا ٱلذِّكۡرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ
B.    أَطِيعُواْ ٱللَّهَ وَأَطِيعُواْ ٱلرَّسُولَ وَأُوْلِي ٱلۡأَمۡرِ مِنكُمۡۖ
C.   ذَٰلِكَ خَيۡرٞ وَأَحۡسَنُ تَأۡوِيلًا
D.   فَإِن تَنَٰزَعۡتُمۡ فِي شَيۡءٖ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ
E.    إِن كُنتُمۡ تُؤۡمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأٓخِرِۚ
18.  jumlah surat yang terdapat dalam Al-Qur'an adalah...
A.    114                       C. 132
B.    122                       d. 134
C.   124

19.  pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan fungsi Al-Qur'an adalah...
A.    mukjizat Rasulullah SAW
B.    pedoman hidup bagi manusia
C.   perlengkapan dari kebutuhan manusia
D.   menyempurnakan kitab yang datang terdahulu
E.    mengoreksi kitab yang datangnya lebih dulu

20.  Hadits Fi'li adalah hadit Rasulullah SAW yang berupa...
A.    perkataan             C. perintah
B.    perbuatan             D. larangan
C.   persetujuan

21.  surat yang diturunkan di Mekah disebut dengan surat..
A.    makkiyah             C. uluhiyah
B.    madaniyah           D. istihsan
C.   rubuiyah

22.  di bawah ini merupakan fungsi hadits terhadap Al-Qur'an, Kecuali....
A.    sebagai penegas akidah dan ibadah
B.    merinci ayat-ayat yang masih global
C.   memberikan penjelasan ayat-ayat yang masih bersifat umum
D.   menguatkan hukum-hukum yang terdapat dalam Al-Qur'an
E.    menetapkan hukum-hukum yang tidak terdapat dalam Al-Qur'an

23.  kesepakan ulama tentang hukum suatu masalah yang belum disebutkan dalam Al-Qur'an dan hadits adalah pengertian dari...
A.    illat                                    C. ijma,
B.    istihsan                             d. qiyas
C.   ihtisab

24.  pernyataan di bawah ini yang merupakan contoh dari qiyas adalah...
A.    mengumpulkan Al-Qur'an
B.    pencangkokan ginjal dan kornea mata
C.   transpalntasi organ-organ tubuh manusia
D.   diharamkannya minuman beralkohol
E.    tidak dishalatkannya korban tsunami di Aceh

25.  hukum wajib yang dibebankan kepada masing-masing individu disebut dengan istilah...
A.    fardu                                 D. wajib syar'i
B.    wajib                                 E. fardu kifayah
C.   fardu 'ain

26.  faraid adalah salah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang…
A.    hukum waris dalam islam
B.    hukum pidana      
C.   hukum pemerintahan
D.   D.hukum pernikahan
E.    hukum peperangan

27.  Hadits takriri adalah hadits yang berupa …. Nabi Muhammad SAW
A.    Perbuatan                         D. persetujuan
B.    Perkataan                         E. penolakan
C.   Larangan

28.  Ijma artinya adalah kesepakatan…
A.    Masyarakat                       D. Ulama
B.    Sahabat Nabi                    E. MUI
C.   Tabi’in

29.  Ibadah yang tata cara dan syarat rukunnya telah diatur disebut….
A.    Ibadaha ghairu Mahdah    D. ibadah mahdah
B.    Ibdah Sunnah                    E. fardu ain
C.   Ibdah fardu

30.  Hadits yang sanadnya lemah disebut juga dengan hadits…
A.    Nabi                                   D. do’if
B.    Marfu                                E. kuat

C.   Maudu

3 Comments

jangan lupa tinggalkan komentar

Post a Comment

jangan lupa tinggalkan komentar

Previous Post Next Post